Saturday, November 2, 2013

marah boleh ga sih ??

banyak orang yang bertanya hal ini, apakah kita boleh marah ?? sebagian orang berkata boleh sebagian lagi berkata tidak. jadi apakah marah-marah ini boleh ?? apa sih sebenarnya marah itu ? marah adalah luapan emosi dan perasaan kita yang meledak karena suatu pertimbangan dalam diri kita yang membuat kita bereaksi terhadap sesuatu secara frontal dan tidak terkendali.

mari kita lihat apa kegunaan dari marah. ketika kita marah, kita bisa melepaskan emosi kita, sehingga seluruh perasaan dan hal lain yang kita pendam bisa keluar sekaligus. saya rasa hanya ini kegunaan atau sisi positif dari marah2. sedangkan sisi negativenya banyak sekali.


ketika kita memarahi seseorang,, maka kita mengeluarkan tenaga dobel untuk melakukannya. cape hati dan cape bicara sudah menjadi bagian dari marah-marah ini. memang mungkin kekesalan kita bisa tertuang dan seakan2 masalah itu akan selesai, tapi apakah benar??? fakta mengatakan ketika kita marah2 dan kesal, tubuh kita menyedot vit c 2500 mg dari tubuh kita atau setara dengan kandungan vit C yang ada di jeruk seberat 5.3 KG... Bayangkan, sungguh merugikan bukan /?? tidak heran orang yang sering marah2 dan ngedumel daya tahan tubuhnya akan berkurang dan juga akan mudah sakit.


bahkan bukan itu saja, perasaan kita yang tertuang adalah perasaan negative kita dan semua pikiran yang buruk tentang orang itu akan teringat di otak kita, sehingga masalah kecil akan menjadi besar dan menimbulkan kemarahan yang besar, apalagi jika kita selalu menumpukan kesalahan orang tersebut dalam hati, ketika itu meledak akan seperti gunung merapi yang ledakannya sangat dahsyat. selesai marah-marah, efeknya pada perasaan kita tidak berhenti begitu saja. bukan seperti sampah yang kita buang dan menjadi bersih, justru marah2 akan membuat kita semakin membenci oarng tersebut. sehingga masalah tidak akan pernah selesai dengan damai.


Marah-Marah akan menghasilkan efek yang buruk juga kepada korban. dimana korban mulai kehilangan respect kepada si pelaku. kalau sudah kehilangan respect, maka hubungan menjadi tidak baik, terutama ini berlaku kepada orang tua dan anak. ini salah satu alasan anak-anak sulit diatur. ataupun karyawan yang tidak mau mendengar kata bosnya. krn karyawan ini sudah tidak respect lagi kepada bos nya. sebaliknya, cara memeberi tahu atau menegur kesalahan orang yang baik adalah dengan memanggil ,atau berbicara dengan orang tersebut dengan cara yang sopan, jangan teriak atau mengeluarkan nada tinggi untuk memberi tahu kesalahannya. dan juga untuk menegur seseorang, tidak boleh di depan umum, supaya mereka tidak malu dan menjadi marah.


selain efek kepada korban dan si pelaku, Marah-marah juga memberikan dampak kepada para saksi, terutama jika dilakukan didepan umum, misalnya jika boss marah dalam rapat, atau orang tua marah kepada anak di mall. Hal ini sungguh harus dihindarkan, krn ini orang-orang tidak respect terhadap si pelaku, sehingga ini akan menjadi domino effect dimana mereka secara tidak sadar tidak lagi menghargai si pelaku. jika itu adalah boss, maka orang itu akan menjadi boss yang tidak disayang oleh karyawannya. Marah-marah di depan umum juga perlu dihindarkan sebab akan berdampak negative kepada suasana disekitarnya.


itulah beberapa hal negative dari marah2. mungkin sudah banyak yang tahu tapi tidak bisa melakukannya karena habbit dan tabiatnya seperti itu. tapi semua itu bisa berubah jika kita benar2 mau berubah. karena reaksi kita terhadap suatu masalah adalah satu pilihan bagi kita. apakah kita mau langsung marah ? atau kita tahan emosi kita dan berpikir jernih. tips dari saya, jika anda sedang marah terhadap satu hal, biasakan tarik napas dalam2 dan hembuskan lagi hingga pikiran anda tenang, krn dengan berpikir tenang kita bisa melakukan hal yang ++, dan melawan perasaan dan ego kita sendiri. Contohnya ketika dijalan ada motor atau mobil yang mengambil jalur kita seenaknya, kita bisa mempraktekan hal ini, krn jika kita emosi dan terjadi hal yang tidak diinginkan, bukankah kita sendiri juga mengalami kerugian yang lebih parah ?


orang yang bisa mengendalikan emosi adalah orang yang bijak dan orang yang hebat. salah satu hal yang paling sulit adalah melawan diri kita sendiri, pengendalian diri memang sulit dilakukan karena itu kita perlu berlatih dan membiasakan diri. dan orang yang emosinya meledak-ledak sehingga cepat marah adalah ciri-ciri orang yang tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri,


JADI, apakah anda masih ingin marah2 ??? :)




No comments:

Post a Comment