Thursday, October 31, 2013

DAMAI itu....... COSTLY!

YUPPPPP benar sekali bahwa ternyata ada damai yang harus dibayar dengan mahal. kalian tentu sudah tahu donk damai seperti apa ??? saya yakin mayoritas sudah tahu bahwa damai dengan polisi itu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. ada yang beruntung kena 5rb- sampai ratusan ribu. sungguh menyedihkan hal ini harus terjadi di indonesia. sungguh memalukan dimana aparat keamanan bisa "damai" dan melepaskan kita dari tilang atau hukuman. seolah2 peraturan bisa kita beli dengan uang.


Sayapun mengalami hal yang sama barusan. jam 10.15 di jelambar ketika saya balik arah namun salah puteran dan ternyata ada polisi yang mengehntikan mobil saya. saya sih sudah tahu maunya apa. prosedurpun dijalankan seperti biasa minta STNK dan SIM, namun saya hanya bawa sim A copian sedangkan yang saya bawa adalah SIM C. sehingga pelanggaran saya bertambah, lalu dengan sigap polisi meminta saya untuk turun dan berjalan kearah mobil, dan menanyakan " ini mau ditilang aja apa gimana nih ko ??" karena saya sudah malas ya saya bilang udah pak.. damai saja dah malem... pertama saya keluarkan 30rb, tapi polisi ini menolak, katanya kalau segini doank mah mending tilang aja yah ko..., trus saya tawarkan lagi semua yang di dompet kecuali uang 100rb saya. total 48rb... dan masih juga ditolaknya. polisinya bilang lagi " sudah mau damai ga, kalau ga koko kena tilang ( sambil menunjukan brp nominal yg saya harus bayar jika ditilang Rp250rb) akhirnya saya tidak punya pilihan selain menyerahkan selembar uang merah satu2nya di dompet saya.. maka masalahnya selesai sudah... WIN WIN solution kan ? tidak heran kenapa orang mau menyogok, krn tilang nya lebih mahal dan juga repot untuk urus ke pengadilan dan lainnya.


Tapi hari ini  saya tidak membahas polisi yang bobrok mentalnya. hari ini saya belajar satu hal, setelah memberikan uang 100rb, saya MEMILIH untuk tetap berbahagia, tidak ngedumel dan mengutuki sang polisi yang besok saya rasa akan makan steak sedangkan saya makan nasi tahu tempe... hehehe polisi yang beruntung. KEBAHAGIAN itu adalah pilihan kta masing2, jangan sampai krn hal kecil mood kita menjadi rusak dan mengacaukan hari kita.


Hari ini saya diingatkan kembali : dimana ada pelanggaran, disana akan terjadi kekacauan, dimana ada kekacauan, disana akan ada kerugian, baik kita sendiri yang dirugikan maupun orang lain. karena itu hiduplah mengikuti aturan yang ada. krn tidak selamanya peraturan itu bisa dibeli, lagipula setiap peraturan itu dirancang untuk kebaikan bersama supaya tidak terjadi kekacauan dan kerugian. dalam berkendara terutama, sebagai pengendara motor, lebih baik kita berhati2 dan mengikuti aturan yang ada, karena resiko kecelakaan akan jauh lebih besar ketika kita melanggar peraturan misalnya melanggar batas jalan, melanggar lampu merah, jalan berlawanan arah. semua itu beresiko tinggi, baik untuk anda maupun orang-orang disekitar anda...


Sama juga dalam kehidupan kita dalam pekerjaan kita, setiap pelanggaran akan menimbulkan kekacauan, setiap peraturan yang dilanggar akan memberi potensi adanya kerugian bagi berbagai pihak. krn itu jadilah karyawan yang benar, kalau anda pengusaha, jadilah pengusaha yang benar, bayarlah kewajiban anda, bersainglah dengan sehat. maka semua akan berjalan dengan baik. INGAT : jalan pintas yang menyalahi aturan akan menaikan resiko kerugian anda jauh lebih besar dari apa yang anda bisa bayangkan. karena orang yang hebat bukanlah orang yang hanya hebat diluar dengan mental bobrok dan karakter yang busuk, tetapi orang hebat adalah orang yang sukses dengan cara-cara yang benar dan tidak menyalahi aturan..



No comments:

Post a Comment