Wednesday, November 20, 2013

Work Together!




Teamwork adalah hal yang sering kita dengar, apalagi jika kita sudah menjadi dewasa dan bekerja, pasti kata-kata ini sangat tidak asing bagi kita. bekerja secara team untuk menyelesaikan pekerjaan adalah hal yang baik. setiap karyawan dalam suatu company harus bisa bekerja secara team dan menjadikan dirinya sebagai team player, karena pekerjaan yang dilakukan secara team akan lebih cepat selesai dan hasilnya menjadi lebih baik. dalam banyak hal kita memerlukan teamwork yang baik contohnya olahraga yang dilakukan secara team seperti basket, sepakbola, voly, bahkan bulutangkis ganda butuh yang namanya teamwork.


kita lihat dalam permainan yang membutuhkan teamwork, semua bagian menjadi sangat penting dan tidak bisa dikatakan satu hal lebih hebat dari yang lain, contohnya permainan bola yang biasa dibagi menjadi 3 bagian, back, gelandang dan penyerang, masing2 bagian harus melakukan yang terbaik dan dengan komposisi yang pas, maka team ini bisa mengalahkan team lawan. saya bahkan percaya jikalau team yang memiliki teamwork yg baik mampu mengalahkan team yang berisi pemain bintang tanpa teamwork yang baik. karena pertahanan akan lemah jika back tidak berfungsi dengan baik, tapi juga tidak bisa menyerang jika penyerang nya kurang baik, maupun gelandang yang menjaga bola baik didepan dan dibelakang.


Beberapa kunci dalam TEAMWORK adalah sebagai berikut


1. setiap anggota mengenali dirinya masing-masing. hal ini sangat basic dan sangat penting untuk dilakukan diawal pembentukan team, dimana seorang coach, atau pemimpin melihat kekuatan apa yang dimiliki setiap anggotanya serta kelemahan dari orang tersebut. Setiap anggota wajib memahami dan terbuka soal kelemahannya. karena dengan mengatakan kelemahannya tidak membuat seorang menjadi buruk dimata yang lain, tetapi memudahkan sang pemimpin untuk melihat potensi dan kelemahan dari setiap anggota untuk ditempatkan ditempat yang cocok. sama halnya dengan kelemahan, setiap kelebihan dari anggota tidak menjadikannya yang terhebat, karena pada dasarnya semua orang memiliki kelemahannya masing-masing.lihatlah puzzle, yang memiliki tonjolan keluar dan bolongan kedalam ( melambngkan kelebihan dan kekurangan setiap kita) namun jika disatukan akan menjadi sebuah gambar yang bagus.

2 Setiap anggota harus saling mengenal dan memiliki hubungan yang baik dengan setiap anggota. Karakter setiap anggota merupakan hal yang crucial dalam point ini, dimana setiap anggota harus memiliki chemistry yang baik dengan setiap orang di team nya. hubungan yang baik, memampukan seseorang untuk menjadi team player yang baik, mendukung yang sedang kesulitan, menolong mereka yang lemah, serta bisa menghargai setiap orang dengan benar dan pantas, dengan kelebihan dan kekurangan orang tersebut.
semakin kuat hubungan antar anggota (bahkan diluar jam kerja) , maka performance team akan lebih baik.

3 Setiap anggota harus menjadi team player yang baik dengan cara menyadari betapa pentingnya bergerak dan bekerja dalam sebuah team. saya sangat tertarik dengan kata synergy. Dimana 2 orang melakukan hal secara bersama dan menghasilkan jumlah yang jauh lebih besar jika pekerjaan itu mereka lakukan sendiri-sendiri. Mindset ini yang harus ditanamkan kepada setiap anggota, supaya mereka menyadari betapa penting dan hebatnya bekerja bersama-sama. seorang team player yang baik tidak memikirkan keuntungan pribadi, tapi fokus utamanya adalah kepentingan team,

4 setiap anggota harus mengenal tujuan dari team tersebut. VISI MISI yang jelas perlu dipertegas dan di sosialisasikan kepada setiap anggota team, dimana visi misi ini mejadi "driver" dari team. tujuan yang jelas membuat team menjadi fokus dan setiap anggota bisa memiliki tujuan yang sama dengan team, sehingga setiap keputusan yang diambil semua untuk kepentingan team mencapai visi misinya.

5. Komposisi yang pas, Disini diperlukan seorang leader, pemimpin yang bisa "meracik" setiap anggota yang ada dan memaksimalkan apa yang dimiliki. seorang pelatih yang baik bisa melihat positif dan negative setiap anggota dan menempatkan mereka ditempat yang tepat untuk mendapat hasil yang maximal.Sang pelatihpun harus berani untuk mengambil keputusan yang besar dan bisa mempertanggungjawabkan keputusan yang diambilnya dalam menempatkan stiap anggota.



namun ada beberapa orang yang tidak bisa bekerja secara team, dan mengaku kalau pekerjaan mereka sndiri lebih baik dibandingkan jika pekerjaan yang sama dilakukan secara team. Mungkin yang menjadi masalah adalah orang-orang dalam team tersebut. karena  jika komposisinya kurang tepat, dimana orang yang lemah di satu bidang ditempatkan di tempat yang tidak mampu dia tangani, maka hasilnya akan menjadi kacau dan buruk, bahkan keadaan team bisa menjadi lebih buruk dari awal mereka memulai. ada juga orang-orang yang menyombongkan dirinya dan tidak mau bekerja sama dengan yang lain, sehingga team menjadi kacau.


Bekerjasama dalam team akan membuat satu tujuan lebih mudah dicapai, kta contoh tangan kita yang memiliki lima jari yang setiap jarinya memiliki kegunaan dan kelemahannya masing-masing. tapi tanpa ada satu jari, maka tangan kita menjadi tidak sempurna dan tidak bisa melakukan hal-hal yang besar. namun tidak sepotong jaripun yang tidak berguna dalam "team" ini. Sama dengan hal yang sederhana ini, jika kita ada dalam satu company yang besar, mungkin kita berpikir kita tidak berguna ( kalau tidak ada kita perusahaan juga bisa berjalan seperti biasa) namun kenyataannya setiap bagian dalam team menjadi sangat berguna jika ada di tempat yang tepat dan digunakan untuk hal yang sesuai dengan fungsinya. karena itu jadilah seorang team player atau bagi anda yang sudah menjadi leader, " racik" lah team anda dengan sempurna sesuai dengan kelebihan dan kekurangan dari masing2 anggota sehingga terjadi suatu synergy yg membuat kita mendapat hal yang jauh lebih besar dariapa apa yang bsa dikerjakan seorang diri saja.


No comments:

Post a Comment