Monday, November 18, 2013

Dont grow up, its a trap!

Don't Grow up, its a trap... salah satu kalimat yang tertulis di sebuah kaos yang dipajang di toko dan saya tertarik untuk membelinya. hal ini sangat lucu bagi saya dan kalimat ini ada benarnya juga. krn menjadi dewasa bukanlah suatu hal yang enak. hari demi hari kita lalui, dan menjadi dewasa (secara usia) adalah satu hal yang tidak mungkin kita hindari karena memang tidak ada cara untuk mengembalikan atau menahan waktu. detik demi detik berjalan dan tidak bisa dihentikan, ini berlaku untuk semua orang di dunia ini, dan tidak terhindarkan menjadi tua dan berumur adalah sebuah hal yang wajar.


namun seiring berjalannya waktu dan usia, sadar maupun tidak sadar hidup kita akan semakin sulit dan banyak tantangan, Dont grow up, its a trap -- menggambarkannya. bahwa menjadi dewasa adalah sebuah jebakan! kita bandingkan kehidupan kita ketika kita masih kanak2, anak usia 1-3 tahun hampir selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan, tanpa merasa bersalah dan melihat kegunaanya, tetapi anak usia 4-8 tahun, ketika mereka mulai sedikit lebih besar, mereka lebih mudah untuk diberitahukan untuk hal2 yang belum pantas untuk mereka, barang2 yang mereka inginkan belum tentu mereka dapatkan karena orang tua mau memberikan yang terbaik bagi mereka (bukan saja sesuai keinginan mereka) tapi sesuai dengan kebutuhan mereka. bukan itu saja, ketika mereka sudah mulai memasuki masa sekolah, kini kehidupan mereka bukan sekedar bermain dan bersantai, tapi mereka diberikan tanggung jawab untuk mengerjakan tugas sekolah yang ringan dan fun. selanjutnya ketika semakin dewasa, memasuki masa SD SMP SMA tugas yang diberikanpun semakin sulit, pelajaran2 yang diberikan pun tidak mudah, bahkan mereka sudah harus bisa bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, mereka harus bertemu dan bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya.


Kemudian ketika mereka selesai dari SMA maupun SMK dan sebagainya, kebanyakan dari mereka harus memasuki masa kuliah dan bekerja yang tentu saja dituntut untuk bertaunggung jawab terhadap dirinya, dan masa depannya sendiri, keputusan untuk mengambil jurusan yang tepat adalah salah satu langkah awal untuk menentukan tujuan hidup mereka dan membantu mereka dalam menggenapi tujuan hidup tersebut. setelah itu akan memasuki tahap pernikahan dan memiliki keluarga. tanggung jawab, kewajiban pun semakin banyak sedangkan Hak mereka semakin kecil.. dan berlanjut terus hingga anak2 menjadi dewasa bahkan menjadi kakek nenek. usia semakin bertambah, tanggung jawab semakin berat, kewajiban semakin banyak, dan hak semakin sedikit, naun realita ini tidak bisa kita hindarkan. krn itu jebakan ini selalu menghantui kita dan tidak pernah lepas. tapi bukan berarti kehidupan ini tidak bisa dinikmati. karena hidup harusnya menjadi bewarna dan GREAT jika anda bisa memainkan game kehidupan anda sendiri dengan baik.


KEDEWASAAN adalah sebuah pilihan, ktia sering mendengar hal ini, menjadi tua adalah sebuah kepastian, tetapi menjadi pribadi yang dewasa adalah pilihan.  Kedewasaan adalah salah satu ciri orang yang hebat, banyak orang yang berumur tapi belum dewasa atau bahkan tidak dewasa sama sekali. kedewasaan bisa dilihat bagaimana seseorang menghadapi masalah, respond seseorang terhadap suatu kejadian, dan bagaimana pola pikir seseorang. orang yang belum dewasa hanya memikirkan dirinya sendiri, semuanya soal AKU AKU dan AKU. bekerja untuk aku, makan untuk aku, hidup untuk aku, semua berpusat pada dirinya sendiri,. dalam mengemudi contohnya, tidak memikirkan kendaraan lain, mudah emosi dan berhenti seenaknya merupakan contoh yang mudah untuk dilihat apakah seseorang dewasa atau tidak. rajin bekerja memang sangat baik, tapi lihat apa dibalik semua itu. motivasi apakah yang mendorong orang ini untuk bekerja ? apakah hanya untuk memperkaya diri sendiri dan membeli banyak aset dan harta benda lainnya untuk kesombongan? lagi2 kedewasaan seseorang dipertanyakan dan diuji lewat apa yang dikerjakan dalam keseharian orang tersebut.


menjadi dewasa tidak mudah, semua pasti setuju dengan hal ini, namun menjadi dewasa adalah keharusan untuk memiliki hidup yang GREAT! pikiran yang dewasa, yang bisa melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang, serta memikirkan WIN WIN solution adalah ciri orang dewasa.  tanggung jawab yang kita pikul semakin hari semakin berat, pikiran positif, dan dewasa akan sanga membantu kita menjalani kehidupan ini. Bersikap, bertindak, dan berpikirlah secara dewasa, kalau anda tidak mau terjebak dalam kehidupan yang mediocre atau orang yang kalah dengan keadaan. ketiga hal diatas harus dilatih, dan untuk melatihnya tidak mudah dan cukup memakan waktu, krn itu DEWASALAH sekarang, supaya anda menjadi pemenang dalam kehidupan anda sendiri!

No comments:

Post a Comment