Tuesday, November 26, 2013

SABARRRRR

kebanyakan orang sangat benci mendengar hal ini. sabar menjadi satu hal yang sangat jarang di praktekan dalam kehidupan sehari2 pada saat ini. kita lihat saja setiap hari di jalan kita sering mengalami kemacetan karena orang2 yang tidak mau sabar, mengambil jalur orang lain, motor yang jalan sebelum lampu hijau menyala, dan juga mobil yang menerobos jalur yang bukan seharusnya, sehingga semua mengalami kekacauan. belum lagi di restoran kita sering jumpai orang yang marah-marah karena pelayanan dari resotan tersebut yang kurang berkenan. Sabar menjadi hal yang sangat sulit dilakukan.


Kesabaran menunjukan tingkat kedewasaan seseorang, jika orang tersebut bisa bersabar dan mengendalikan emosinya, maka bisa dikatakan orang ini memiliki kedewasaan yang cukup tinggi. Zaman yang serba instant menuntut kita untuk bergerak serba cepat dan mencari jalan pintas, efeknya adalah kita menjadi tidak sabar dan lebih buruknya kita mengambil jalan pintas yang beresiko dan bisa merugikan diri kita sendiri. contohlah dalam mengerjakan suatu skripsi, beberapa mahasiswa rela membayar orang untuk membantu mereka membuat skripsi, sehingga mereka sendiri kehilangan esensi dari skripsi itu sendiri, ilmu yang mereka pelajari menjadi tidak maximal.


Dulu saya termasuk orang yang cepat marah, terutama dalam mengemudi, karena banyak skali orang yang tidak mentaati peraturan dan merugikan serta membuang waktu saya. banyak angkot, bajaj, kopaja yang berenti sembarangan dan menggangu jalan orang, sehingga membuat saya kesal. karena kesal saya jadi bawa mobil lebih cepat karena emosi yang tinggi, bahkan menjadi cepat marah kepada pengguna jalan yang lain jika mereka memotong lane saya. Namun omelan dan kemarahan saya tidak berguna karena toh mereka juga tetap sama dan tidak bisa merubah keadaan. dari sana saya belajar, untuk bersabar dan tidak mudah terpancing emosi jika ada hal yang tidak sesuai harapan saaya. kesabaran saya seringkali diuji, dan lama kelamaan saya ulai berubah dan menjadi orang yang sabar dalam berkendara.


Ternyata sangat merugikan jika kita kehilangan kesabaran kita. karena jika kita kehilangan kesabaran kita, kita marah, emosi meningkat, dan semua itu mempengaruhi pikiran dan keputusan yang akan kita buat. orang yang kehilangan kesabaran akan melakukan hal- hal yang egois(berpusat pada dirinya), dan merugikan dirinya  sendiri bahkan orang- orang disekitarnya. bayangkan kalau seorang ayah tidak sabar dalam berkendara dan marah2 sampai dirumah, sehingga istrinya kena marah.. istinya pun kehilangan kesabaran dan memarahi anaknya yang tidak mau belajar.. domino effect dari ketidak sabaran akan merugikan orang-orang disekitar kita. Keputusan yang dibuat secara tergesa-gesa juga tidak baik. bukan berarti " lebih cepat lebih baik " ---- kalimat ini benar jika segala sesuatu telah dipikirkan dengan matang dan menghasilkan keputusan yang tepat. Namun seringkali yang terjadi adalah ketika orang sedang emosi mereka cenderung mengambil keputusan yang mereka akan sesali nantinya.


KESABARAN menunjukan tingkat kedewasaan seseorang. orang yang bisa sabar, adalah orang yang bisa menguasai dirinya sendiri, dan orang yang bisa menguasai diri sendiri adalah orang yang lebih hebat dari pahlawan yang merebut sebuah kota. kesabaran juga membuat orang mencapai hal-hal yang besar dalam hidupnya. lihatlahlah gambar dibawah ini. dengan kesabaran seseorang bisa mendapatkan harta karun yang sangat banyak, tapi sayangnya orang ini sudah menyerah karena tidak sabar menunggu hasil yang diharapkan.


Mari kita belajar untuk menjadi pribadi yang sabar, meski dalam kesulitan yang besar, kita harus tetap sabar dan berpikir tenangn, sehingga keputusan yang kita buat menjadi tepat. Bahkan dengan kesabaran kita mampu mendapatkan hal-hal yang besar yang diluar dari pikiran kita seperti gambar diatas. Kesabaran sangat baik untuk diri kita, krn research membuktikan bahwa orang yang mudah emosi, orang yang menyimpan dendam, dan stressed adalah orang- orang yang mudah terkena penyakit berbahaya seperti sakit stroke dan jantung. karena emosi yang dihasilkan dari ketidak sabaran akan menimbulkan efek negative dari keputusan anda dan orang disekitar kita. sedangkan ketenangan adalah kunci kemenangan kita , supaya kita bisa berpikir dengan baik. karena benarlah yang orang- orang katakan bahwa orang sabar itu subur ( diberkati)  dan disayang Tuhan. SEORANG yang HEBAT adalah seorang yang memiki tingkat kedewasaan yang tinggi serta sabar!




No comments:

Post a Comment