Thursday, November 14, 2013

VALUE ADDED

Value Added adalah kondisi dimana satu product berbeda dari yang lain karena memiliki nilai lebih, nilai yang ditambahkan. barangnya bisa sama namun nilainya berbeda karena ada nilai lebih yang menempel pada product tersebut. simple nya seperti ini, jika kita disuruh memilih 1 pasta gigi, dimana yang 1 dijual 10ribu dan jika anda membeli 2 dengan harga 20ribu, anda akan mendapat sebuah sikat gigi gratis. tentunya kebanyakan dari kita akan memilih untuk membeli 2 pasta gigi sekaligus karena ada gratisan nya. dan sudah pasti 99% itu adalah wanita.. bukan saja soal barang gratisan atau tambahan yang di satukan dengan suatu product, tapi satu product bisa memiliki nilai jual lebih jika dipasarkan dengan tepat dan juga memiliki nilai lebih dari yang lain. misalkan membeli handphone dengan spesifikasi yang sama persis, namun karena satu brand lebih terkenal dari lainnya ( dengan kemudahan service, garansi dan lainnya) mayoritas kita akan membeli handphone yang brand nya lebih terkenal dan service yang baik.


sama dalam hidup kita, apakah dalam diri kita sudah memiliki nilai lebih dari pada yang lain ? tentu saja jika kita memiliki sesuatu yang berbeda dari yang lainnya nilai kita akan bertambah dihadapan orang lain. contohnya dalam pekerjaan, apakah anda sudah memiliki nilai lebih dari yang lain ??? contohnya datang pagi tidak terlambat, tidak menggunakan waktu bekerja untuk melakukan aktivitas lainnya, atau menjadi seorang accountant yang jujur, yang rajin bekerja dan tidak pernah mengeluh, berani lembur untuk mennyelesaikan pekerjaan dan lain sebagainya. hal ini dilakukan bukan karena kita ingin dianggap rajin oleh boss kita, tapi jika hal ini menjadi kebiasaan, maka saya percaya, tinggal tunggu waktunya saja, promosi akan datang dan menghampiri anda.


karena itu jangan heran jika teman anda yang mungkin levelnya sama, performance yang sama, tapi dia yang mendapat promosi. karena mungkin saja dia memiliki value yang lebih dibandingkan diri anda. sebagai seorang boss, tentu saja mereka akan mempromosikan orang-orang yang mereka anggap tepat untuk dipromosikan, performa bukanlah segalanya, ATTITUDE anda , CHARACHTER anda juga menjadi value bagi boss untuk dipertimbangkan. karena jika performa anda baik, tapi anda memiliki character dan attitude yang buruk, maka nilai anda akan berkurang, apalagi jika performa biasa-biasa saja dengan character yang buruk- orang seperti ini akan sangat sulit mendapat promosi.


Karena itu berusahalah untuk menambahkan kepada diri anda sendiri VALUE yang baik dan benar, supaya setiap orang yang mengenal anda, bisa melihat perbedaan tersebut. orang yang memiliki charisma tinggi biasanya lebih dihormati daripada orang yang hebat namun tanpa character dan charisma yang baik, untuk menambah value dalam kehidupan kita memang tidak mudah, namun latihlah diri anda, biasakan diri anda unuk menjalani value tersebut supaya lama2 secara tidak sadar anda memiliki value tersebut dalam kehidupan sehari2 anda.


selain itu, value added juga mengingatkan saya untuk menambahkan VALUE kepada orang lain, bukan hanya untuk pribadi kita sendiri saja.  saya sudah membaca buku 360 leader karangan John Maxwell, salah satu motivator hebat yang sudah mengarang banyak buku kepemimpinan dan management. dalam buku tersebut disebutkan bahwa seorang pemimpin itu harus memberikan nilai tambah kepada orang-orang disekitarnya. jadi ketika kita tidak fokus hanya diri sendiri saja, tetapi membangun kehidupan orang lain dengan menambahkan value kepada mereka, maka kita adalah seorang leader yang baik. ingat yang namanya pemimpin tidaklah harus orang yg memiliki jabatan tertentu dalam organisasi, tapi orang yang berhasil memberi pengaruh kepada banyak orang, sehingga orang2 memiliki rasa respect dan mau mendengarkan si pemimpin ini. jiwa kepemimpinan tidak dilahirkan, tetapi melalui proses dan tindakan nyata.


Karena itu GREAT PEOPLE haruslah memiliki VALUE positif yang berbeda dari yang lain, serta orang yang memberikan value kepada orang banyak dan memberikan dampak bagi orang disekitarnya. mulailah dari sekarang, tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik!



No comments:

Post a Comment