Monday, February 24, 2014

Leading By example


Hi Great People! senang bisa menulis satu artikel lagi di bulan ini. kali ini saya akan berbicara soal theory kepemimpinan yang saya belajar dari buku John C Maxwell. bahwa seorang pemimpin haruslah memimpin dengan teladan. karena teladan adalah hal yang paling mudah ditiru oleh orang-orang disekitar kita, apalagi dibawah pimpinan kita. Sebuah organisasi sangat bergantung kepada seorang pemimpin yang tertinggi, otoritas seorang pemimpin membuat orang tersebut punya kuasa dan menentukan arah dari organisasi yang dipimpinnya. tapi apakah yang benar-benar efektif untuk mengubah orang-orang yang ada didalamnya ???

penyampaian visi misi organisasi sangat baik, mengingatkan setiap orang akan visi misi dari organisasi akan sangat membantu mereka untuk mengerti kemana organisasi ini akan tertuju. tapi apakah mesin penggerak yang paling baik untuk mengubah kebiasaan, dan cara pandang mereka ?? Leading by example adalah cara yang paling ampuh untuk mengubah hal-hal diatas. seperti seorang anak kecil yang selalu mengikuti  kelakuan orang tuanya. bukan hanya apa yang diucapkan oleh orang tuanya, tetapi kebiasaan-kebiasaan, keputusan dan sifat yang ditunjukan sehari-hari yang memnbentuk sikap dan sifat seorang anak. Anak yang hidup dalam lingkungan keluarga yang buruk ( broken home) atau ditengah keluarga yang sering berantem, maka anak tersebut akan tumbuh menjadi orang yang mudah marah dan tidak menghargai perasaan orang lain.


sama seperti seorang anak kecil, orang-orang dalam suatu organisasi akan melihat seorang pemimpin bukan saja dari keterampilannya berbicara, tetapi dari apa yang di contohkan pemimpin tersebut kepada mereka. Jika boss suka telat, maka sang anak buah akan berpikir bahwa telat bukanlah hal yang melanggar peraturan dan values dari perusahaan tersebut. Quotes diatas mengingatkan betapa pentingnya memberikan contoh kepada orang dibawah kita. karena orang akan mempercayai VALUES apa yang kita hidupi, daripada sekedar ucapan kita. meski kita berkata kita rajin, tapi jika apa yang mereka lihat sebaliknya, maka yang mereka percayai adalah yang terjadi sehari-hari.  Research juga mengatakan bahwa BODY language kita justru lebih kuat dan akurat dalam menyampaikan pesan daripada bicara saja.


Memberi contoh kepada orang sekitar kita juga membuat kita menyebar luaskan Values yang ada dalam diri kita. hal ini sangat baik, krn jika semua pemimpin dalam suatu organisasi bisa memberi contoh yang baik kepada tiap orang yang bekerja dalam organisasi tersebut, maka organisasi tersebut adal dalam keadaan sehat dan juga tidak perlu membayar mahal untuk training untuk pegawainya. Mahatma Gandhi adalah seorang yang sangat berpengaruh dalam kemerdekaan India, dengan cara kasih, bukan kekerasan. dan mahatma Gandhi sendiri menghidupi serta memberi contoh kepada orang-orang disekitarnya. sehingga semakin banyak orang yang percaya kepadanya, dan mengikuti jejak, dan VALUES yang ada dalam diri seorang Mahatma Gandhi. 


seorang yang HEBAT (Greatpoeple) adalah seorang yang bisa menunjukan values dalam kehidupannya melalui kebiasaan sehari-harinya, sehingga orang yang melihat mereka akan dengan mudah mengerti dan mengetahui values apa yang di pegang pemimpin  tersebut.dan mencontoh kebiasaan yang baik secara perlahan. hingga semua orang dalam organisasi tersebut mengerti dan menerapkan values tersebut. 


No comments:

Post a Comment