Sunday, February 9, 2014

just before the bell Rang!


Gambar diatas merupakan gambar dari drum, atau gendang yang sering dipakai di film2 china. biasanya drum ini digunakan untuk berperang ataupun penyemangat disaat perang / acara penting lainnya. Drum ini merupakan satu bentuk penyemangat untuk berperang atau bekerja keras. sehingga kegunaannya menjadi sangat efektif ketika perang terjadi. Inilah alasan mengapa saya memilih judul diatas. Drum ini digunakan untuk menandakan permulaan dari suatu perang atau pertandingan. di negara barat, seringkali digunakan bentuk bel untuk memulai suatu kompetisi. contohnya olahraga tinju yang menggunakan bell untuk tanda memulai suatu pertandingan ataupun ronde dalam tinju.

Sebelum bel berbunyi ataupun gendang perang ini dibunyikan, maka perang atau kompetisi tidak akan dimulai. inilah mengapa pentingnya gendang ini untuk dipukul untuk memulai suatu kompetisi. tapi seringkali dalam kehidupan ini, " gendang" perang yang dibunyikan justru berakibat buruk. dimana tanda "perang" dimulai. perlukah gendang perang dibunyikan ??? ini yang sangat menarik untuk dibahas.


seringkali kita mendengar orang berkata bahwa mengalah adalah hanya untuk orang yang lemah. benarkah?? apakah kita hidup dengan hukum rimba dimana yang menang selalu adalah yang kuat? mungkin soal otot dan tenaga biasanya yang menang adalah yang berkekuatan lebih besar. tapi dalam menghadapi persoalan, perkelahian antara teman, saudara, suami-istri perlukah hukum rimba ini berlaku? mengalah bukan berarti kalah, karena mengalah bukan untuk orang yang lemah, tapi justru sebaliknya orang yang bijak tahu kapan harus mengalah kapan kita tidak boleh menyerah. terkadang kita harus mengalah untuk kebaikan kita sendiri maupun orang lain. Biasanya orang mengalah karena dia lebih menghargai sesuatu dibandingkan masalah itu. misalnya orang mengalah krn rasa persaudaraan, atau mengalah karena menjunjung tinggi rasa hormat.


mengalah itu baik jika dilakukan tepat pada waktunya, bukan berarti kita pasrah, tapi mengalah untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik didepan itu sangat baik. misalkan sepasang suami istri yang bertengkar karena masakan istri yang seringkali gosong. Mungkin sebagai suami, si pria merasa bosan dengan masakan yang gosong dan tawar terus, namun sudah seringkali dibicarakan kepada sang istri, tapi masakan istri juga tidak berubah banyak, tetap gosong dan kurang rasa.. sehingga si pria menjadi marah dan bertengkar dengan istri. apakah hal ini penting untuk diributkan ?? saya rasa ini merupakan hal sepele yang tidak perlu diributkan, si pria haruslah lebih sabar lagi dan mengalah sedikit untuk menghargai pernikahannya. kalau dari hal sepele saja sudah ribut, bagaimana keluarga tersebut bisa harmonis. Tanpa hubungan yang baik satu sama lain, keluarga menjadi kurang sempurna.


begitu pula dengan keadaan kita dikantor, atau dimanapun, terkadang kita bertengkar untuk hal yang tidak penting dan membuat suasana kantor menjadi keruh dan tidak menyenangkan. mungkin kita tidka salah, namun karena orang lain kita menjadi dipersalahkan. kita harus melawan balik. TAPI dengan syarat lawanlah dengan cara yang benar, bukan dengan emosi yang meluap2 sehingga kita tidak berpikir panjang lagi. ingat sebelum genderang perang itu berbunyi peperangan belum dimulai. kita bagaikan orang yang ada di depan gendang perang tersebut, respon kita adalah kunci penentu apakah gendang itu akan kita pukul atau tidak.


Setelah gendang itu dibunyikan, maka akan sulit sekali untuk menghentikan perang tersebut. Biasanya gendang perang itu akan berhenti jika satu pihak sudah kalah! Apa artinya ?? artinya hingga satu orang tumbang dan kalah barulah perang itu berhenti. sebenarnya siapakah yang dirugikan dalam perang tersebut?? kedua pihak rugi, karena mereka membutuhkan tenaga lebih, pikiran, bahkan sumber daya yang akan terbuang selama perang, yang seharusnya bisa digunakan untuk hal yang lain. Perang selalu menimbulkan kerugian bagi 2 pihak. karena itu pikirlah baik2 sebelum berperang, apakah perlu kita " perang" untuk hal yang sepele?


Orang yang hebat, adalah orang yang mengerti kapan harus berperang kapan harus menahan diri untuk peperangan yang tidak perlu. bijaksanalah dalam mengatur RESPOND anda, karena seringkali gendang perang sudah ada didepan mata, alat pemukulpun sudah ditangan anda, dan respon anda akan menentukan apakah anda akan memukul gendang perang tersebut ?? hidup bukan soal menang kalah seperti permainan catur, hidup ini jauh lebih kompleks dari soal menang kalah, karena itu bijaksanalah!

No comments:

Post a Comment