Friday, April 4, 2014

Good Things About Revenge


REVENGE, atau mendendam dalam bahasa indonesia, ternyata bermanfaat! banyak orang yang mengalami kekecewaan, kemarahan, kesedihan, terluka, dan akhirnya memiliki dendam kepada pihak lain. setelah itu ada dua pilihan, yaitu memaafkan atau mendendam, Namun kebanyakan orang akan memendam perasaannya, ataupun melampiaskan kemarahannya hingga dendam itu terbalaskan.

Apakah kegunaan dari balas dendam? atau rasa Mendendam ? ternyata setelah saya pelajari, orang yang mendendam dan tidak bisa memaafkan ini punya setidaknya dua hal ini : 1, Orang ini tidak akan melupakan kejadian itu (kejadian yang memalukan, mengecewakan, membuat marah, dsb) hingga mereka meninggal. 2. jika mereka mau balas dendam, mereka akan pastikan pembalasannya setimpal atau bahkan 2 kali lebih menyakitkan daripada apa yang mereka rasakan. Namun apakah ini merupakan manfaat dari mendedam ? tentu BUKAN! ini adalah manfaat yang negatif.

Jadi apakah good things about revenge? saya berani katakan TIDAK ADA GUNANYA mendendam, apalagi membalaskan dendam. judul ini sengaja saya ambil supaya kita berpikir ulang apakah benar ada manfaat positif dari mendendam ? ternyata jawabannya TIDAK. dan nanti kita akan bahas, betapa buruknya dan banyak manfaat negatif dari rasa dendam tersebut.

Revenge BRINGS nothing good for your life! justru sebaliknya dampak negative yang dihasilkan sangat banyak. Research membuktikan bahwa ternyata sebagian besar pasien cancer, jantung, dan penyakit kronis lainnya timbul karena masalah hati yang tidak diselesaikan, dan perasaan dendam menjadi alasan utamanya. Dengan mendendam, kehidupan kita tidak akan tenang, kita akan selalu mengingat hal yang memalukan dan mengecewakan tersebut sepanjang hidup kita, bahkan ketika kita mengingatnya malah hati kita semakin sakit dan perih. Jangankan mendendam, ketika kita marah besar, hati dan jantung kita akan bekerja secara tidak normal dan membuat anda merasakan kesakitan secara fisik ( sakitnya berasa meski tidak sakit sekali). Bayangkan jika anda terus memendam rasa ini berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Tentu saja ini yang membuat jantung dan hati anda bekerja  secara tidak normal dan menjadi akar penyakit kronis lainnya.

Rasa dendam ini menjadi tumpukan sampah dalam hati anda yang seharusnya anda cepat buang supaya tidak menjadi busuk dan berakibat lebih parah. Karena itu tidak baik menyimpan dendam terhadap orang lain. Kita perlu Forgive dan Forget untuk hal-hal yang membuat kita marah, kesal,kecewa dan lainnya. Jangan biarkan sampah-sampah kecil kita tumpuk dalam hati kita dan menjadi busuk nantinya. Carilah cara melampiaskan amarah kita kepada hal yang positif, misalnya mendengarkan music atau mungkin makan, olahraga, dan sebagainya. namun pastikan juga kemarahan anda disalurkan kepada hal yang positf dan tidak membawa efect buruk bagi orang disekitar anda.


Selain itu dendam juga membuat emosi anda menjadi tidak stabil dan cenderung membuat anda salah mengambil keputusan. Contoh yang sederhana adalah seperti zidane pemain bola yang kena kartu merah akibat tidak bisa menahan emosi dan dendam kepada lawan mainnya yang dengan sengaja mempermainkan emosinya. Karena itu perasaan mendendam atau menyimpan emosi dendam terlalu lama akan membuat psikologi anda memburuk, sehingga dalam jangka panjang membuat anda tidak bisa mengatur emosi anda secara baik, yang berakibat anda menjadi mudah marah pada hal-hal yang kecil sekalipun.


Seorang yang bisa mengatur emosi, menguasai dirinya adalah orang yang bisa merespon segala sesuatu dengan baik dan tepat. saya yakin setiap orang yang hebat ( Great people) harus memiliki kontrol diri terhadap emosi dan perasaannya. karena itu sekali lagi saya mau menyatakan pendapat saya bahwa TIDAK ADA GUNANYA mendendam ataupun balas dendam.

No comments:

Post a Comment