Monday, April 14, 2014

flying high like an eagle



Gambar diatas adalah gambar seekor burung elang yang terbang tinggi di udara dan merupakan salah satu predator yang hebat. seekor burung elang terbang sangat tinggi dan mencari mangsa dari jarak yang sangat jauh karena elang memiliki penglihatan yang sangat tajam. Dengan penglihatannya ini memungkinkan mereka berburu tanpa diketahui mangsanya, ditambah dengan kecepatannya dalam terbang dan menangkap mangsa. Tidak heran burung elang adalah burung yang hebat, bahkan sering menjadi lambang dari organisasi bahkan negara seperti US.

Burung elang adalah burung yang luar biasa. sangat disukai banyak orang dan sering dipakai menjadi contoh oleh pembicara2 , motivator baik national maupun international. apakah yang menarik dari kisah burung elang ? ternyata seekor burung elang ketika dilahirkan sama seperti dengan burung lainnya, sang ibu selalu membuat sarang diketinggian dan umumnya melahirkan 2 telur elang. setelah waktunya tepat, cangkang telur ini akan pecah dan lahirlah anak-anak elang. mereka tumbuh dan diberi makan oleh sang induk. Anak-anak elang akan semakin besar dan rangka badannya semakin kuat, hingga suatu kali sang induk mendorong mereka hingga mereka keluar dari sarang dan jatuh di ketinggian.


ketika anak elang ini jatuh, anak ini akan panik, takut, gelisah segitu rupa dan posisi mereka mendekati tanah, namun sang ibu kembali menyelamatkan sang anak dan membawanya kepada ketinggian tertentu dan melepaskannya secara mendadak, begitu dilakukan berulang kali hingga  akhirnya anak elang itu mulai mengepakan sayapnya dan belajar terbang untuk pertama kalinya. setelah itu sang anak akan belajar menyeimbangkan badannya, terbang kesana kemari dengan mulus dan akan semakin mahir, sehingga ketika mereka menjadi dewasa, mereka sudah sangat Pro dalam terbang dan berburu. Apa yang bisa dipelajari dari cerita elang yang belajar terbang ini ?

1. ketika kita masih kecil dan belum dewasa, kita berada dalam comfort zone kita, terus disuapi makanan oleh orang tua kita, bahkan kita tidak memiliki masalah kita sendiri selain lapar. Setelah kita dewasa kita mulai memiliki berbagai masalah.yang semakin tua akan semakin tinggi tingkat kesulitannya.
2. sang ibu mendorong anaknya secara tiba-tiba . Ini artinya keadaan kita tidak selalu baik, bahkan justru disaat yang kita tidak sangka kita akan mengalami satu hal yang sangat berat dalam hidup ini . kita tiba2 dihadpkan dengan siatuasi yang tidak enak, dan sangat mengerikan
3. ketika kita dalam keadaan tertekan , ( seperti anak elang yang sedang jatuh) kita akan mengalami kepanikan - hal ini sangat wajar. Karena setiap orang pasti akan mengalami stress dan ketakutan dalam menghadapi situasi yang sangat sulit. namun yang terpenting adalah kita tetap tenang dalam mencari jalan keluar dari masalah yang kita hadapi.
4. Ketika anak elang jatuh dan belum siap terbang, sang induk menolong dan membawanya kembali - ini menandakan bahwa kita perlu orang yang tepat untuk membantu kita dalam menyelesaikan masalah. Atau paling tidak kita bertemu dengan orang yang tepat untuk mencari jalan keluar.
5. Ketika sang anak dijatuhkan kembali hingga mereka mengepakan sayap mereka pertama kali dan belajar untuk terbang.  Masalah dan tekanan yang sangat besar ternyata membuat hidden pontential kita mumcul,  INI yang sangat penting. justru ketika ditekan, kita akan semakin kreatif dan memaksimalkan kemampuan kita. ibarat sebuah lemon yang ketika diperas, justru memiliki harga yang lebih mahal dari buahnya sendiri.
6. Semakin lama sang anak elang semakin mahir dalam terbang dan menjadi predator yang kuat. Practise makes perfect. dimana latihan akan membuat kita semakin hari semakin lebih baik dan menjadi Pro dalam melakukan segala sesuatu.


Kisah cara belajar anak elang untuk menjadi seekor predator hebat ini menginspirasi banyak orang untuk tidak lari dari masalah dan berani keluar dari zona nyaman yang membuat kita malas-malasan dan akhirnya kita tidak berhasil menemukan hidden talent dalam diri kita. Great people tidak akan takut kepada masalah yang datang secara tiba-tiba karena  justru melalui tekanan itulah kita semakin hebat dan kreatif.

No comments:

Post a Comment