Wednesday, May 14, 2014

GO, GET YOURSELF A MENTOR


Mentor adalah kata yang sering kita dengar dalam dunia bisnis, ataupun dalam training-training. Apakah seorang mentor itu? dan apa kegunaanya seorang mentor? mengapa kita perlu seorang mentor? nanti akan saya bahas satu persatu tentang mentor.


Mentor diambil dari nama seorang pengajar di mitologi yunani. ketika Odysseus mengirim seseorang bernama Mentor untuk mengajar Telemachus (anaknya) , dan mendidik Telemachus ketika Odysseus pergi berperang. Dengan sabar, dan pandainya Mentor mengajar dan mendidik Telemachus hingga dia menjadi seorang yang hebat. Intinya adalah, karena keberadaan mentor, menggantikan sang ayah untuk mengajar dan mendidik serta mengarahkan anaknya.


Nama mentor ini diambil dan dipakai dalam bahasa inggris untuk orang yang mengajarkan, menjadi guru dan teladan bagi sang murid atau mentee. Pertanyaannya adalah apakah kita perlu seorang mentor? bukankah kita sudah dewasa dan bisa mengurusi kehidupan pribadi kita masing-masing? Jawabannya adalah YA, kita sangat memerlukan seorang atau beberapa mentor dalam kehidupan kita. karena peran seorang mentor sangat besar dalam kehidupan seseorang. Kita mungkin berpikir kalau pendidikan kita sudah selesai maka tidak ada lagi guru dalam kehidupan kita. ini benar, anda mungkin tidak memerlukan guru lagi yang mengajarkan anda, tetapi anda butuh Mentor dalam hidup ini.


Peran seorang mentor melebihi peran guru. Seorang mentor tidak mengajar saja, tetapi memiliki relationship dengan anak didiknya. kalau guru tahu muridnya, seorang mentor mengenal muridnya. Dengan mengenal muridnya, sang mentor bisa mengerti karakter, sifat, kebiasaan dari muridnya, bahkan seorang mentor perlu mengetahui tujuan hidup dari setiap muridnya. Disinilah tanggung jawab seorang mentor menjadi sangat besar. Seorang mentor akan membantu mengarahkan dan mendidik , mengajarkan berbagai macam hal yang diperlukan seorang murid untuk mencapai Goal tersebut. Bahkan seorang mentor adalah orang yang akan menyemangati kita ketika kita sudah mulai lelah, dan seorang mentor pula yang akan menegur ketika muridnya melakukan kesalahan.


Kebanyakan dari orang yang sukses dan berpengaruh di dunia memiliki seorang mentor dalam hidupnya. Karena mereka menyadari betapa pentingnya seorang mentor dalam kehidupan mereka. Seorang mentor akan membagi pengetahuan dan pengalaman hidup mereka yang akan berguna untuk sang murid mencapai tujuan nya. Ada quotes yang mengatakan, orang pintar belajar dari pengalaman, tetapi orang yang bijaksana belajar dari keberhasilan orang lain.  Jadi kita tidak perlu mengalami kegagalan lagi, krn kita sudah belajar dari orang yang sudah melaluinya, justru kita belajar dari keberhasilan mereka dan lakukan yang lebih baik lagi hingga hasilnya Dahsyat.


Pastikan setiap kita memiliki mentor yang tepat dalam hidup kita. Karena dengna siapa anda berguru dan bergaul, akan sangat menentukan masa depan anda sendiri. Great People adalah orang yang mau belajar dan mau diajar oleh seorang mentor yang bukan hanya equip kita, tetapi juga menjadi orang yang support dan menguatkan kita ketika kita lemah. Tidak ada ruginya memiliki seorang mentor, justu sebaliknya memiliki mentor akan membuat kita lebih dahsyat. Besi menajamkan besi dan manusia menajamkan sesamannya.

No comments:

Post a Comment